Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Makalah Kebudayaan Jawa Barat Dengan 7 Unsur Kebudayaan

Kebudayaan ini dikenal juga dengan sebutan kebudayaan barat. Kebudayaan Eropa banyak terpengaruh oleh kebudayaan negara-negara yang pernah dijajahnya.

Keragaman Etnik Dan Budaya Indonesia Halaman All Kompas Com

Kebudayaan ini telah diserap oleh banyak kebudayaan hal ini terbukti dengan banyaknya pengguna bahasa Inggris dan bahasa Eropa lainnya di seluruh dunia.

Contoh makalah kebudayaan jawa barat dengan 7 unsur kebudayaan. Macapat dari Jawa Tengah 9. Tari Seudati dari Nangroe Aceh Darussalam 10. Dengan keterbatasan ilmu dan pengetahuan kami mencoba merangkum berbagai tulisan yang berkaitan dengan budaya Jawa dari berbagai sumber.

Unsur Kebudayaan Negara kita Indonesia merupakan negara dengan berbagai keragaman mulai dari suku ras agama dan masih banyak lainnyaKarena banyaknya perbedaan itu maka Indonesia juga memiliki banyak kebudayaan yang menarik. Atau yang lebih praktis adalah googling saja di internet maka semua informasi yang terkait dengan budaya Jawa dengan cepat ditemukan. Untuk lebih mendalami kebudayaan perlu dikenal beberapa masalah lain yang menyangkut kebudayaan antara lain unsur kebudayaan.

Besar harapan saya semoga dengan dibuatnya makalah yang berjudul Budaya Suku Sunda yang didalamnya membahas tentang kebudayaan yang berasal dari daerah Jawa Barat ini menjadi salah satu sarana agar masyarakat menyadari betapa berharganya sebuah kebudayaan bagi suatu bangsa yang ahirnya akan membuat masyarakat menjadi merasa bangga terhadap. Berikut ini akan dibahas apa saja unsur-unsur kebudayaan secara umum dan universal beserta. Pulau Jawa itu sendiri terbagi menjadi provinsi Banten Jawa Barat Jakarta Jawa Tengah Yogyakarta dan Jawa Timur.

Kebudayaan jika dikaji dari asal kata sansekerta berasal dari kata budhayah yang berarti budi dan akal. Puji syukur atas kehadirat Allah swt. Kebudayaan Suku Baduy Kebudayaan Nanggroe Aceh Darussalam 5.

Yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga Makalah ilmu budaya sehat dengan judul unsur-unsur kebudayaan ini dapat selesai dengan tepat waktu. Manfaat dari makalah ini adalah. Artikel dan makalah kebudayaan suku Jawa yang ada di internet biasanya juga menjelaskan tentang macam-macam budaya Jawa yang kompleks.

Terdapat 7 unsur kebudayaan universal yakni unsur bahasa sistem pengetahuan sistem teknologi dan peralatan kesenian sistem mata pencaharian dan ekonomi religi serta sistem kekerabatan dan organisasi kemasyarakatan. Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang menjadi ciri khasnya masing-masing begitupula Provinsi Jawa Barat ini. Ini ada pula suku bangsa lain yang memiliki budaya yang berbeda dengan suku Jawa seperti suku Sunda di daerah perbatasan dengan Jawa Barat.

Salah satu dari sekian banyak kebudayaan Jawa adalah perkawinan adat masyarakat Jawa2 Perkawinan adat Jawa terkenal dengan kerumitan acaranya3 1Keunikan masyarakat Jawa terlihat dalam keberagamaannya terutama yang beragama Islam. Menurut sejarah akibat kekuasaan Kerajaan Mataram yang dulu pernah menaklukkan wilayah Jawa Barat pada abad XVII. Mengenal Kebudayaan Daerah Jawa Barat - Jawa Barat terletak di Pulau Jawa bagian barat berbatasan dengan Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Banten di bagian Barat serta Provinsi Jawa Tengah di bagian timur.

Terwujudnya makalah ini tidak terlepas dari bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu saya selaku penulis mengucapkan terima kasih kepada. Masyarakat urban yang sebagian besar tinggal di wilayah JABODETABEK sekitar Jakarta dan masyarakat tradisional yang hidup di pedesaan yang tersisaPada tahun 2002 populasi Jawa Barat mencapai 37548565 jiwa dengan rata-rata kepadatan penduduk 1033 jikakm persegi. Kebudayaan Sunda juga merupakan salah satu kebudayaan yang berkembang di Jawa Barat dengan bahasa utama yaitu Bahasa Sunda.

Selain padat penduduknya Jawa juga kaya akan khasanah budaya karena dari masing-masing provinsi tersebut memiliki budaya tradisi dan latar belakang yang berbeda-beda. Bahasa Sunda ini terpengaruh oleh bahasa Jawa. Akibat pengaruh ini dalam bahasa Sunda dikenal undak-usuk-basa.

Saya mencoba untuk peduli dengan budaya dari mana kami berasal yaitu jawa. Dan sebagai negara yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai warisan kebudayaan masih melekat dalam setiap masyarakat Indonesia. Dan sedikit adanya pengaruh budaya barat.

Jika merunut pada tesis Geertz terletak pada gerak spiritualitas yang dilakukan golongan Abangan. Tujuan dari makalah ini adalah. Ketiga unsur tersebut akan selalu melekat sepanjang sejarah kehidupan manusia karena kebudayaan.

Bisa juga diskusi dengan guru yang memahami tenatang budaya Jawa disekolah. Menulusuri 7 Unsur Kebudayaan yang Universal dalam Kebudayaan Jawa. Degung dari Jawa Barat 4.

Jawa Barat merupakan wilayah berkarakteristik kontras dengan dua identitas. Unsur kebudayan dalam kamus besar Indonesia berarti bagian dari suatu kebudayaan yang dapat digunakan sebagai suatu analisi tertentu. Contoh kebudayaan masyarakat jawa adalah.

Membantu agar memahami unsur-unsur dari kebudayaan. Unsur-Unsur KebudayaanUnsur-unsur kebudayaan adalah suatu ciri khas yang membedakan. Ibukota Provinsi Jawa Barat adalah Bandung.

Lengger dari Jawa Tengah 7. 7 Unsur Kebudayaan Suku Sunda. Reog Ponorogo dari Jawa Timur 5.

Aksara Jawa terdiri dari 20 karakter huruf yang menyimpan makna dan filosofi masing-masing. Tari Sekapur Sirih dari Jambi dll. Yang artinya mudah menyatu dengan kehidupan manusia.

Pelajari juga senjata tradisional suku lain dalam artikel. Kebudayaan sangat erat dengan kehidupan sehari-hari setiap manusiaoleh karena itu kita harus mengetahui apa saja yang ada dalam kebudayaanseperti wujud kebudayaanunsur-unsur kebudayaan dan masih banyak lagi kegunaan dan fungsi kebudayaan demi membentuk moral dan etika manusia karena dengan adanya kebudayaan dalam kehidupan bermasyaratkat. Ondel-ondel dari Jakarta 6.

Memberi pengetahuan baru tentang kebudayaan. Dengan adanya unsur tersebut kebudayan disini lebih mengandung makna totalitas dari. Besar harapan saya semoga dengan dibuatnya makalah yang berjudul Budaya Suku Sunda yang didalamnya membahas tentang kebudayaan yang berasal dari daerah Jawa Barat ini menjadi salah satu sarana agar masyarakat menyadari betapa berharganya sebuah kebudayaan bagi suatu bangsa yang ahirnya akan membuat masyarakat menjadi merasa bangga terhadap.

Lagu Lir-ilir dari Jawa Tengah 8. Suku Jawa memiliki huruf tulisan yang disebut dengan aksara Jawa. Religi Sebagian besar masyarakat suku Sunda menganut agama Islam namun ada pula yang menganut agama Kristen Hindu Budha Sunda Wiwitan dan lain sebagainyaMereka tergolong pemeluk agama yang taat karena kewajiban beribadah adalah prioritas utama.

Tuliskan Cerita Singkat Tentang Kekhasan Daerah Asalmu Jawa Tengah Halaman All Kompas Com

Http Eprints Unm Ac Id 2186 1 Integrasi 20sosial 20suku 20jawa 20dan 20suku 20mandar 20di 20kelurahan 20sidodadi 20kecamatan 20wonomulyo Pdf

34 Provinsi Rumah Adat Pakaian Adat Tarian Tradisional Senjata Tradisional Lagu Daerah Suku Dan Julukan Di Indonesia Pakaian Tari Gambar Tarian Kartun

Doc Makalah Seni Budaya Seni Tari Bagus Utomo Academia Edu

Http Ikadbudi Uny Ac Id Sites Ikadbudi Uny Ac Id Files Lampiran Makalah 0 Pdf

Https Www Etnomusikologiusu Com Uploads 1 8 0 0 1800340 Budayamelayu Pdf

Http Jurnal Uinsu Ac Id Index Php Juspi Article Download 1679 1812

7 Unsur Unsur Kebudayaan Dalam Masyarakat Berikut Penjelasannya Merdeka Com

Https Core Ac Uk Download Pdf 225832147 Pdf


Posting Komentar untuk "Contoh Makalah Kebudayaan Jawa Barat Dengan 7 Unsur Kebudayaan"